UPDATE - SIDANG PERDATA ANTI BERSERIKAT DI PN JAKARTA BARAT

PADA SELASA TANGGAL 18 JANUARI 2011 JAM 14.30 WIB, HAKIM KETUA JANNES ARITONANG S.H. MEMBACAKAN ISI PUTUSAN GUGATAN PERDATA ANTI BERSERIKAT (UNION BUSTING), PERKARA NO. 207/PDT.G.2010/JAK.BAR. MAJELIS HAKIM BERPENDAPAT BAHWA "PENGGUGAT MAMPU MEMBUKTIKAN POKOK GUGATANNYA." TERHADAP TERGUGAT MANAJEMEN PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI YANG DIPIMPIM HANDOKO.


KETUA MAJELIS HAKIM JANNES ARITONANG S.H. MEMERINTAHKAN HANDOKO UNTUK MEMBUAT PERMINTAAN MAAF TERHADAP SEKAR INDOSIAR DI MEDIA NASIONAL.

DAN MEMBAYAR DWANGSOM RP. 2 JUTA PER HARI, ATAS KETERLAMBATAN PELAKSANAAN HUKUMAN INI.


MARI TEMAN-TEMAN SEKAR INDOSIAR DAN TEMAN-TEMAN MEDIA UNTUK HADIR DALAM PERSIDANGAN PERDATA INI.

Sabtu, 06 November 2010

KY TELAH MERESPON SURAT PENGADUAN SEKAR INDOSIAR, MAJELIS HAKIM PHI JAKARTA MELANGGAR KODE ETIK HAKIM

Pengurus Sekar Indosiar bersama Kuasa Hukumnya dari LBH Pers, Sholeh Ali, S.H. melakukan pengaduan atas Pelanggaran Kode Etik Majelis Hakim dan Sikap Keberpihakan pada saat membuat putusan Sidang Perkara Perselisihan Hubungan Industrial No. 114/PHI.G/2010PN.JKT.PST. Yangmana Majelis Hakim membuat putusan yakni mengabulkan Tuntutan Pengugat untuk mem-PHK 22 orang Pengurus dan Aktivis Sekar Indosiar.


Pengurus Sekar Indosiar bersama Kuasa Hukumnya dari LBH Pers kepada Komisi Yudisial (KY) mengadukan Ketua Majelis Hakim F.X. Jiwo Santoso, S.H. M.Hum. dan Endro Budiarto, S.H. M.H. atas tindakan Pelanggaran Kode Etik Hakim dan Sikap Keberpihakan pada saat mengadili dan membuat Putusan. Dimana Majelis Hakim sama sekali tidak mempertimbangkan fakta-fakta yang ada dalam persidangan, bahkan Majelis Hakim sudah cenderung mempunyai putusan pada saat persidangan masih berlangsung.

Karena selama persidangan Sekar Indosiar merekam semua proses persidangan, maka hasil rekaman ini akan menjadi bukti yang kuat dan sahih buat KY untuk mengadili Hakim Nakal dan tidak Profesional ini.

Sebagai tindak lanjut Aduan ini, KY telah merespon Aduan Pengurus Sekar Indosiar dan Kuasa Hukum Sekar Indosiar dari LBH Pers dengan Surat Nomor 500/WASKIM.KY/X/2010 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Pengawasan Hakim Eddy Hary Susanto NIP 19541004 197801 1 001 tertanggal 25 Oktober 2010. Selanjutnya KY meminta kelengkapan bukti-bukti berupa rekaman suara, Video, foto, berkas bukti selama jalannya persidangan dan salinan putusan yang dibuat oleh Majelis Hakim Sidang PHI Provinsi DKI Jakarta.

Pengurus Sekar Indosiar juga sedang mengumpulkan kelengkapan bukti-bukti yang cukup untuk melakukan pengaduan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Semoga upaya Sekar Indosiar untuk mencari keadilan hukum dan upaya menegakka supremasi Hukum di Negara tercinta ini di Ridhoi dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

6 komentar:

  1. Dahsyat... Pengurus Sekar Indosiar harus didukung oleh SP, SP lainnya nich. Temasuk SP International dan ILO. Memang Para Aktor Hukum ini harus dilawan dan diberi Pelajaran. Semua harusnya sama di depan Hukum.

    Tapi Markusnya juga harus dibungkam tukh, teman-teman Sekar Indosiar. Nanti saya akan bantu kasih bukti. Maju Terus...

    BalasHapus
  2. semoga saja upaya ini tak sia-sia ..... amien ya Robbal alamin...

    BalasHapus
  3. Orang dalam yang terhormat. saya bukan orang luar dan juga bukan orang dalam, hanya pengamat. Saya rasa jika anggota Sekar hanya mengharap pesangon, tentu mereka sudah mengambilnya sejak dahulu. Siapapun orang yang terancam tentu jengkel. Tetapi apakah dengan kejengkelan mereka membuat Tuhan selesai memperingatkan mereka untuk kembali ke jalan yang lurus? Yaitu berlaku adil. Sesungguhnya dengan kasus ini, Tuhan sedang menyayangi management. Sekar adalah salah satu alat yg digunakan Beliau untuk mengingatkan perilaku kurang benar agar tidak bertambah buruk. Tentu yg akan diuntungkan adalah semua. orang dalam juga. Tetapi saya juga kurang setuju dengan tulisan Sekar yg terkesan mengolok2 pada saksi2 dari management. Biarlah mereka menjadi saksi sesuai pilihannya. Bagaimanapun posisi mereka memiliki resiko masing2 baik dalam pekerjaan maupun dalam hati nuraninya. Tugas sekar adalah mengingatkan perusahaan dengan cara apapun tentu yg tidak melanggar hukum. Jangan terpancing amarah menerjang kawan sesama karyawan walau mereka berbeda pendapat.
    Masalah pesangon dan rejeki, saya rasa Tuhan yg mengatur dan memberi. Tentu semua orang harus pulang kerumah pake kolor. Baik anggota sekar dan personel managemen. Termasuk anda orang dalam. Kita tidak pernah tau Tuhan akan memberi atau mencabut rizky kita kapanpun dan dari manapun. Yang perlu kita pegang adalah Tuhan Maha Kasih Sayang. Dan Beliau sangat cinta pada hambanya yg mau berjuang untuk menegakkan kebaikan di jalan yg baik. Dan Beliau sangat membenci pada hambanya yg suka menduakanNya dengan yg lain. Seperti.. Uang, Jabatan, Ketenaran, nafsu, amarah, nama baik dll. Maju Sekar sesuai kemampuanmu. Bulatkan tekad, bersihkan niat... Jadikan ridho Tuhan hanyalah tujuanmu. Tidak ada perbuatan baik yang akan di balas kecuali dengan kebaikan pula.
    (Silahkan dihapus jika renungan ini menyesatkan)

    BalasHapus
  4. Tanya dong...Perjuangan 22 orang pengurus sekar itu untuk siapa sih? Anggota atau pribadi? Kalau anggota kan udah banyak keluar dari Indsr. kalo untuk yang masih jadi karyawan, survei aja emang mereka masih peduli dengan SEKAR termasuk pengurusnya... (wah tidak fair nih, didelete terus komentarku)

    BalasHapus
  5. buat semua yg komen...terima kasih...kalo ada yg tanya perjuangan 22 orang tuk siapa...tentu anda lebih tahu jawabannya sebagai orang yg pernah merasakan perjuangan bersama...yg diperjuangkan pengurus adlh keadilan & kesejahteraan bersama (ane bukan pengurus bang)...apakah adil bila perusahaan maju kita tak merasakan kesejahteraan tapi saat perusahaan diperosotkan (katanya) kita duluan yg dibantai..padahal perusahaan nggak pernah rugi...bang..! Abang jangan lupa berapa banyak karyawan yg digaji dibawah kewajaran dg jam kerja yg lebih dari 12 jam...pernahkah ente ngalamin bang..? ....Bang bangsa Indonesia nggak akan Merdeka kalo nggak ada yg memperjuangkan... Jadi SEKAR berjuang itu untuk perubahan yg lebih baik buat semua mau dia anggota sekar atau bukan...begitu kira-kira bang...buat rekan2 seperjuangan... Maju Terus Pantang Mundur... Lakukan Segala Upaya Tuk Melawan....HIDUP SEKAR...!!!

    BalasHapus
  6. Bukan mo nakutin, biasanye.. orang yang suka sesumbar ame ngga prihatin ame perjuangan orang laen, nti.. kena masalah dari mulutnye sendiri. Ngga itu besok, bulan depan, ape taun depan. Trus biasanye,... ade due jenis nii... ade yg insap mau minta maap ame yg pernah disakitin juge minta ampun ke Tuhan, ade juge nyang gengsi tambah bengal nantangin Tuhan. yaaa... moga-moga aje kaga mati sengsare. Kesian anak bininye.

    BalasHapus